Adzan Dzuhur di Istiqlal Gunakan Toa?

Adzan Dzuhur di Istiqlal Gunakan Toa?

Sejumlah umat Muslim yang sedang berada di Masjid Istiqlal mengaku heran saat mendengar suara adzan Dzuhur yang dikumandangkan. Pasalnya, adzan yang disuarakan hanya menggunakan toa atau alat pengeras suara yang hanya menggunakan baterai.

Pemandangan ini dinilai sangat berbeda dari biasanya. Karena sejatinya setiap adzan dikumandangkan dengan menggunakan mic atau pengeras suara yang tersambung listrik supaya dapat didengar dari kejauhan.

Sedangkan adzan yang dikumandangkan dengan menggunakan toa hanya terdengar di sekitar area Masjid Istiqlal bagian dalam.

Namun ketika dikonnfirmasi mengenai adzan yang dikumandangkan menggunakan toa, langsung dibantah oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Ali Mustafa Yaqub. “Nggak pernah ah, adzan selalu menggunakan pengeras seperti biasa. Yang saya tahu kalau untuk bangunkan orang-orang tidur itu pakai toa,” ujarnya kepada INILAHCOM, Minggu (21/6/2015).

Dirinya mengaku sudah mengetahui adanya imbauan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenai toleransi adzan agar tidak menggunakan kaset dan juga soal pengaturan volume suara adzan yang dilakukan menggunakan pengeras suara.

Meskipun begitu, Masjid Istiqlal tetap menggunakan pengeras suara seperti biasa. “Di Istiqlal selalu menggunakan pengeras suara, karena sudah paten untuk adzan,” tambahnya.

-inilah-
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s