Jepang siapkan draft UU Kesehatan mental karyawan

 Kerja Lembur, 100 Karyawan Jepang Meninggal/Tahun
Kerja Lembur, 100 Karyawan Jepang Meninggal/Tahun
karyawan Jepang kerja di pabrik – (Foto: Google)
Pemerintah Jepang menyiapkan draft garis besar kebijakan pencegahan kematian akibat kerja lembur alias Karoshi, atas inisiatif Partai Demokrat Liberal dan partai kecil mitra koalisinya : Partai Komeito, tulis koran Yomiuri Shimbun, Rabu (24/6/2015).
Draft ini intinya mendorong peningkatan jumlah perusahaan yang mendukung kesehatan jiwa karyawannya dari sekitar 60,7 persen pada awal 2013 menjadi sekitar 80 persen atau lebih pada 2017. Di Jepang ini adalah hal penting dalam garis besar kebijakan ketenaga kerjaan. Rancangan kebijakan ini diharapkan aklan disetujui oleh kabinet PM Shinzo Abe bulan depan.

Rancangan kesehatan, ketenaga kerjaan dan kesejahteraan karyawan Jepang untuk pertama kali disusun berdasar UU untuk mencegah kematian akibat terlalu banyak bekerja yang berlaku November lalu.rancangan ini bakal menggalakkan pengurangan jam kerja dan perbaikan kondisi kerja.

Pada tahun fiskal 2013, 133 orang meninggal yang berhubungan dengan pekerjaan,dan terkait dengan penyakit otak dan jantung yang disebabkan oleh terlalu banyak pekerjaan, dengan angka rata-rata melebihi 100 kematian selama12 berturut-turut Tahun.

-inilah-
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s