Ilmuwan Ini Menyulap Mesin Ketik Menjadi Printer yang Mengagumkan

 

Apakah kamu pernah mengalami masa-masa dimana mesin tik merupakan salah satu senjata utama bagi para penulis di luar sana? Nah salah seorang ilmuwan komputer bernama Chris Gregg dari Tufts University memiliki ide cemerlang untuk mengubah sebuah mesin tik elektrik Smith Corona dari tahun 1960-an menjadi printer.

Namun upaya awal yang Ia lakukan tidak berjalan dengan mulus. Pada awalnya Ia berpikiran bahwa tombol dari mesin tik tersebut dapat diakali dan disambungkan secara langsung ke komputer miliknya. Namun ternyata tombol-tombol tersebut tidak menggunakan elektrik sama sekali, melainkan menggunakan sistem mekanik yang rumit. Akibatnya, proyek ini menjadi terbengkalai untuk beberapa tahun. Namun tahun ini akhirnya proyek tersebut berjalan kembali setelah salah satu teman dari Chris memberikan saran untuk menggunakan electromagnet kecil bernama solenoid.

Apakah Chris berhasil? Tentu saja. Ia akhirnya menggabungkan solenoid tersebut dengan tombol yang berada di mesin tik, sehingga tombol tersebut dapat dihubungkan ke MacBook yang Ia punya. Video di atas berhasil mengabadikan fenomena yang keren tersebut. Mesin tik nan jadul sukses disulap menjadi printer setelah memodifikasinya dengan penambahan solenoid dan banyak kabel di atasnya.

sumber: gizmodo | jalantikus

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s