Terungkap..! Keanehan Twitter Jokowi Seperti Magic

twiter jkw

Hadirnya akun Twitter baru Presiden Joko Widodo membawa angin segar bagi sebagian masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat yang berharap banyak agar ‘curhatan’ mereka lebih didengar oleh sang presiden karena hanya tinggal mention di Twitter.

Pasalnya, akun baru Jokowi yang diperkenalkan pada Minggu (21/6/2015) itu langsung memiliki 2,9 juta follower dalam waktu sehari, dan menjadi pokok perbincangan yang seru di media sosial Twitter.

Banyaknya follower akun Twitter Jokowi tersebut dipertanyakan netizen. Terlebih, akun @jokowi itu baru saja diperkenalkan ke publik. Sangat tidak masuk akal dalam hitungan detik bisa memfollow ratusan orang.

Netizen semakin penasaran ketika melihat Twit perdana Jokowi yang langsung di-retwit 11.000 follower. Padahal, Twit tersebut belum cukup sehari. Sedangkan Twit kedua Jokowi yang mengucapkan selamat ulang tahun ke-488 Jakarta langsung di-retwit 426 follower dalam waktu 10 menit.

Bahkan, Sejak pertama kali diumumkan, akun Twitter Presiden Joko Widodo yang beralamatkan di twitter.com/jokowi tersebut langsung mendapatkan follower sebanyak 2 juta lebih.

Bahkan pihak Twitter sendiri menyebutkan, dari hasil data yang dikeluarkan oleh Twitter Audit, ternyata setengah dari follower di akun Twitter Jokowi adalah palsu. Benarkah?

Angka tersebut cukup tinggi jika dibandingkan dengan akun Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memiliki 7,3 juta follower. Twit SBY di akun Twitter miliknya @SBYudhoyono hanya rata-rata di-retwit 1.000 follower dalam waktu seminggu.

Keanehan lain dari Twitter Jokowi yakni banyaknya follower yang mengaku belum mem-follow akun @jokowi, tapi tiba-tiba saja menjadi follower, bahkan seperti magic bisa muncul sendiri.

“lha saya gak follow tapi pas buka akunnya udah status follower… Piye jal,” kicau Budi Hidayat di akun Twitter miliknya, @bd_dayat, Minggu (21/6/2015).

Akun Twitter Jokowi diperkenalkan pada tanggal 21 Juni, bertepatan dengan ulang tahun Jokowi ke-54.

“Akun ini (@jokowi) merupakan akun resmi Jokowi sebagai presiden. Akun sebelumnya, @jokowi_do2, yang merupakan akun pribadi, akan ditutup,” ujar Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki.

Pernah ketipu

Tidak sedikit orang yang tertipu oleh akun Joko Widodo di Facebook. Selama ini akun itu dianggap sebagai akun resmi milik Presiden Joko Widodo.

Apalagi, akun yang sudah disukai oleh 2,1 juta pengguna Facebook ini sudah diverifikasi oleh Facebook. Yang tertipu bukan hanya masyarakat dan media di Indonesia. Media asing sekelas TIME pun ikut tertipu.

Setelah beberapa hari, publik kaget setelah Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan bahwa Jokowi sama sekali tidak memiliki akun FB dan Twitter.

“Presiden tidak memiliki atau memegang akun apa pun, baik itu Twitter maupun Facebook. Pihak Istana menggunakan secara resmi menyalurkan berita kegiatan Presiden itu di (situs web) Setneg/Setkab,” ujar Andi di Istana Kepresidenan, Selasa (27/1/2015) malam.(slm/pjksatu)

-sharia-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s