Ringankan Sesak Nafas dengan Tanaman Kenanga

 

Tanaman Kenanga
Tanaman Kenanga Flickr

Apakah Anda salah satu penderita sesak napas? Sesak nafas merupakan salah satu gejala yang timbul akibat adanya penyakit yang mengganggu sistem pernafasan Anda. Jika tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin bahwa ini bisa menyebabkan kematian. Sesak nafas termasuk penyakit yang susah disembuhkan. Pengobatan dengan menggunakan bahan kimia dalam jangka panjang, tentu tidak baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan dari tanaman herbal di sekitar Anda sebagai obat tradisional. Salah satu yang dipercaya khasiatnya adalah tanaman bunga Kenanga. Seperti apa khasiatnya? Simak ulasan berikut!

Tanaman Kenanga yang disebut Cananga odorata dalam bahasa latinnya adalah salah satu tanaman perdu yang dikenal memiliki bunga yang beraroma harum.

Tanaman Kenanga menjadi salah satu tanaman yang paling populer di masyarakat asli Indonesia. Ekstrak bunga Kenanga bahkan sudah dijadikan bahan tambahan dalam produk kecantikan dan produk kesehatan.

Tanaman bunga Kenanga memiliki nama yang berbeda di setiap daerah di Indonesia. Secara umum, orang menyebutnya dengan tanaman bunga Kenanga. Sedangkan, orang Jawa kadang menyebutnya dengan nama Wangsa.

Lain lagi di Sunda, kebanyakan masyarakat Sunda memberi julukan tanaman ini dengan nama Kananga atau Sandat kananga. Di bali, bunga Kenanga dikenal dengan Sadat wangsa.

Tanaman Kenanga sering sengaja ditanam di halaman rumah. Tinggi pohon tanaman Kenanga rata-rata mencapai 12 meter. Batang pohon tanaman ini memiliki kayu yang keras meskipun ukurannya tidak terlalu besar.

Tanaman ini lebih suka ditanam di daerah hutan yang memiliki tanah subur dan air yang cukup. Tanaman Kenanga bisa hidup subur hingga ketinggian 1200 meter di atas permukaan air laut.

Yang paling dikenal masyarakat dari tanaman Kenanga adalah bunganya dan sering digunakan sebagai bahan campuran bunga tujuh rupa dalam adat keagamaan atau bahkan campuran wewangian mandi para putri Keraton.

Bunga tanaman Kenanga juga sering digunakan dalam dunia pengobatan herbal, dimana bunga ini mengandung senyawa aktif berguna seperti flavonoid, saponin, polifenol, minyak atsiri, eugenol, dan geraniol.

Khasiatnya dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan pusing, demam, mual, nyeri sendi, sesak nafas, hingga bahkan dapat digunakan sebagai pengusir serangga.

Lalu, bagaimana cara mengobati sesak nafas dengan menggunakan tanaman Kenanga? Untuk mengobati sakit sesak napas, Anda dapat membuat ramuan bunga Kenanga dengan langkah-langkah berikut.

  • Siapkan setengah genggam bunga Kenanga segar. Lalu, cuci sampai bersih.
  • Rebus dalam satu gelas (250 cc) air panas hingga mendidih dan tunggu hingga air rebusan berkurang setengah volumenya menjadi 125 cc.
  • Matikan api dan tunggu air rebusan menjadi agak dingin.
  • Saring dari ampasnya dan minum air sarinya.

Bila terlalu pahit, Anda dapat menambahkan madu, gula putih, atau gula jawa. Untuk membantu proses penyembuhan, konsumsi dapat dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari sebanyak satu gelas air ramuan daun Kenanga.

Tanaman kenanga yang mudah ditemukan ini, tentu akan membuat Anda mudah untuk menjadikannya sebagai bahan ramuan herbal untuk pengobatan sesak nafas.

Pengobatan akan lebih efektif jika dibarengi dengan kemauan kuat untuk menghindari berbagai makanan atau minuman yang dapat memperparah sesak nafas.

-deherba-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s