Biksu Ekstremis anti-Muslim Ancam Gelar Demo Besar

Biksu Ekstremis anti-Muslim Ancam Gelar Demo Besar
(Foto: burmatimes)

Nasionalis Rakhine dan Gerakan 969, kelompok biksu ekstremis anti-Muslim, mendesak pemerintah Myanmar membatalkan keputusan memberikan hak pilih kepada Muslim Rohingya.

Burma Times menulis desakan disampaikan setelah dua kekuatan anti-Muslim itu bertemu di Bogo Shanti, Sabtu (20/6). Pertemuan juga menetapkan rencana demo besar-besaran di tiga kota negara bagian Rakhine; Maungdaw, Buthidaung, dan Rathedaung.

Nasionalis Rakhine dan Gerakan 969 berharap demo menjalar ke kota-kota di seluruh Myanmar, dan menjari aksi anti-Muslim besar-besaran.

Sebelumnya, biksu dan nasionalis Rakhine menolak keputusan pemerintah yang memungkinkan Muslim Rohingya memberikan suara. Mereka juga menuntut pemerintah menarik kartu hijau yang diberikan kepada Muslim Rohingya.

Pemerintahan apartheid Myanmar di Rakhine membagi masyarakat menjadi tiga, menurut warna kartu identitas yang dipegang setiap orang. Merah untuk orang Rakhine, atau penduduk asli pemeluk Buddha.

Hijau untuk orang asing yang dipertimbangkan akan menjadi warga negara tapi dapat dibatalkan setiap saat. Pemegang kartu ini kebanyakan Arakan Hindu atau Tamil Nyammar dan Muslim Kaman. Belakangan sejumlah Muslim Rohingya memperoleh kartu hijau.

Kartu Putih untuk mereka yang benar-benar tidak diakui sebaga warga negara. Mayoritas Muslim Rohingya, terutama yang tinggal di ghetto, memegang kartu ini.

Nasionalis Rakhine dan Gerakan 969 bertekad menentang pemberian kartu hijau kepada Muslim Rohingya, kendati kartu itu hanya berlaku dua tahun. Mereka melihat pemberian kartu hijau kepada ‘kalar’, istilah merendahkan untuk Rohingya berkulit gelap, hanya proyek politik rejim berkuasa.

Menariknya, Muslim Rohingya menolak politik segregasi berdasarkan warga kartu. Mereka menolak kartu hijau, karena bukan orang asing di Rakhine dan Myanmar.

-inilah-
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s