Hindari Minuman Bersoda Saat Berbuka!

minuman-soda

Puasa Ramadan merupakan sebuah aturan kewajiban bagi umat agama Islam. Pada bulan tersebut kita diwajibkan melakukan puasa sebagai bentuk ketaatan pada sang Pencipta. Ibadah puasa tersebut dilakukan sebulan penuh di mulai pada tanggal satu ramadhan setelah melihat hilal sebagai patokan tanggal. Pada prakteknya umat muslim melakukan puasa dari mulai terbit matahari sampai terbenam matahari.

Ketika kita bepuasa, hal yang sangat kita tunggu tentunya berbuka puasa, melepas semua rasa lapar dan dahaga. Sering kali membatalkan puasa dengan meminum miniman bersoda, Namun tahukah Anda jika menenggak minuman tersebut bisa menyebabkan diare dan merusak ginjal. Hal ini seperti yang dikatakan Sindh Institute of Urology and Transplantation (SIUT) Civil Hospital, Dr Adeeb Rizvi. Menurut dia, minuman bersoda sangat berbahaya diminum saat berbuka puasa karena mengandung zat-zat yang membahayakan ginjal seperti asam fosfat, sodium, pemanis buatan, Kafein, Fruktosa.

Akibatnya jika dikonsumsi maka kesehatan Anda terancam. “hal tersebut karena menjadi penyebab sakit diare, gastroenteritis, dehidrasi, masalah ginjal, bahkan kanker,” katanya. Oleh karenanya Nabi Muhammad mengajarkan kepada umatnya agar berbuka dengan air putih dan tiga buah kurma.

Ajaibnya saat diteliti medis ternyata berbuka dengan kurma sangat baik karena paling ampuh mengatasi rasa lapar dengan memenuhi nutrisi tubuh lantaran mengandung, serat, gula, magnesium, dan potasium.

“Kurma juga mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga tubuh lebih sulit mencerna dan memerlambat proses pencernaan hingga bisa kenyang lebih lama,” kata Dr Shahid dari Shifa International Hospital Limited. Bukan hanya itu, kandungan gula dalam kurma sangat bermanfaat menaikkan kandar gula darah dalam tubuh karena saat berpuasa kadar gula darah turun. (ASP)

Segelas soda manis dan dingin memang sangat menggoda saat berbuka puasa. Apalagi jika udara panas. Namun, lambung yang kosong dan gula darah yang turun karena berpuasa ternyata tidak baik jika diberi asupan minuman bersoda. Seperti dilansir Dailyburn, Dr. Susanna Holt, PhD, Nutritionist, makanan yang mengandung sedikit serat, air dan protein cenderung membuat perut cepat lapar.

-islampos-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s