Enak Sih Minum Air ES Ketika Berbuka, Tapi Anda Akan Berpikir Lagi Jika Tahu Bahayanya Ini

Air es memang menjadi salah satu minuman paling nikmat bila diminum saat berbuka puasa karena setelah seharian tubuh menahan rasa dahaga dan lapar.

Namun nikmatnya berbuka dengan air es ternyata memiliki sejumlah bahaya yang perlu kamu ketahui.

Kebiasaan minum es saat berbuka puasa ini menjadi salah satu kebiasaan tidak sehat yang bisa memicu timbulnya beragam penyakit dalam tubuh kamu.
Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia Kalimantan Barat , Nursyam Mkes mengatakan jika minum es saat berbuka puasa ini memiliki bahaya bagi kesehatan lambung karena dapat menyebabkan kontraksi setelah seharian menahan lapar dan haus.

Dr Nursyam juga menyarankan sebaiknya minum es saat berbuka puasa itu baik setelah lima sampai sepuluh menit usai minum air putih atau mengkonsumsi kurma.
“Biasanya saat berbuka umat muslim langsung menghilangkan dahaga dengan air es, saya sarankan sebaiknya hal tersebut jangan dilakukan, karena dapat menyebabkan konstraksi pada lambung. Setelah lima sampai sepuluh menit, silahkan minum air es karena kondisi perut sudah stabil. Namun alahgkah baiknya jika diisi dulu dengan makanan yang manis seperti kurma dan kolak,” tutur Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia Kalimantan Barat, Dr Nursyam MKes.

Kenapa air es ini baru boleh diminum setelah lima sampai sepuluh menit kemudian setelah berbuka dengan makanan atau minuman dingin ?
Ini dikarenakan keadaan lambung selama berpuasa kurang lebih 14 jam masih dalam keadaan kosong sehingga tidak baik bila langsung diisi dengan menggunakan air es. Bila lambung dalam keadaan kosong dan langsung minum air es, maka lambung akan lebih berkontraksi akibat terkejut dengan dinginnya air es yang kamu minum.
Untuk itu disarankan bila berbuka puasa sebaiknya minum air putih terlebih dahulu atau dengan segelas teh hangat kemudian makan beberapa biji kurma dan setelah itu barulah boleh minum air es agar rasa dahaga setelah seharian puasa hilang.

Dan yang perlu diingat lagi jika berbuka puasa sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi gorengan. Gorengan saat bulan puasa memang menjadi pilihan makanan nikmat dan bisa bikin perut cepat kenyang. Namun makan gorengan saat berbuka puasa juga tidak baik karena dapat membuat nafsu makan kamu hilang padahal tubuh masih membutuhkan sejumlah karbohidrat , protein dan vitamin lainnya setelah seharian tidak ada mengkonsumsi makanan.

Dr Fiastuti Witjaksono, Ms, SpGK, ahli Gizi Medik dari RS Siloam makanan yang digoreng dan dimakan saat berbuka puasa itu dapat menyebabkan kamu mengalami obesitas. Ini dikarenakan satu gram minyak goreng dalam makanan yang digoreng sama dengan 10 gram kalori.

Nah, sebaiknya jika berbuka konsumsilah sebutir gorengan dan dilanjutkan makan nasi agar kebutuhan karbohidrat terpenuhi. Dan usahakan setelah berbuka puasa jangan mengkonsumsi makanan yang berlebihan karena juga tidak baik bagi kesehatan ditambah lagi dapat menyebabkan rasa ngantuk yang berlebihan sehingga membuat ibadah shlat tarawih kamu terganggu.

Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah suci Ramadhan 1436 H bagi seluruh umat muslim di dunia.
-palingseru-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s